Tuz Gölü atau danau garam di daerah gersang Ankara Turki

Tuz Gölü atau danau garam di daerah gersang Ankara Turki

Goinfokita.com – Saat ini saya berada di kota kecil bernama Kulu. Perjalanan kami masih sekitar 30 menit lagi untuk sampai ke tujuan. Kami akan melakukan perjalanan ke danau garam atau biasa disebut Tuz Gölü.

Danau ini merupakan danau terbesar ke 2 di negara Turki. Dengan panjang 108 km dan lebarnya 3,5 km. Letaknya di tengah dataran tinggi yang gersang di daerah ankara. Pada saat saya ke tempat ini, air nya sangat dangkal. Tidak sampai ke mata kaki saya.

Ketika sampai, saya dan keluarga takjub melihat lautan garam ini. Setelah mencari informasi lebih lanjut, ternyata garam yang berada di danau ini di olah menjadi garam layak konsumsi dan kemudian di distribusikan ke seluruh daerah di Turki. Sekitar 63% garam yang di konsumsi oleh penduduk di Turki berasal dari danau garam ini.

Tuz Gölü atau danau garam di daerah gersang Ankara Turki 3

Selain itu garam yang berasal dari danau ini juga di olah menjadi produk kecantikan dan perawatan kulit. Seperti scrub contohnya. Dalam perjalanan dari tempat parkir ke danau ini, kalian akan melewati pertokoan accessories, oleh – oleh, café dan juga toko yang menjual produk kecantikan dan perawatan kulit ini.

Mereka akan memberikan tester secara Cuma – Cuma pada tangan turis yang berlalu lalang. Setelah mencoba tester tersebut, rasanya tangan menjadi halusssss sekaliiiii. Salah satu produk yang dijual oleh mereka, mengklaim dapat menghilangkan flek – flek hitam pada wajah.

By the way, penjualnya dapat berbagai macam bahasa  loh. Bahasa Indonesia salah satunya. Awalnya ia menyakan saya berasal dari mana. Dan ketika saya menjawab dari Indonesia, ia langsung mengganti Bahasa yang ia gunakan menjadi Bahasa Indonesia. 🙂

Tuz Gölü atau danau garam di daerah gersang Ankara Turki 1

Setelah puas foto – foto di danau garam ini, kami mampir ke café dan membeli beberapa cemilan dan juga kami mencoba jus delima. Rasanya cukup asam tapi menyegarkan. Selain cafe, kalian juga bisa mengunjungi toko cemilan yang menjual berbagai macam makanan khas Turki.

BACA JUGA : Pengalaman tinggal di daerah pedesaan provinsi Konya di Turki pt 2

BACA JUGA : Merayakan hari raya idul fitri bersama keluarga di Turki

 

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shares
error: Content is protected !!