Museum Mevlana di kota Konya yang terkenal dengan tarian Sufi

Museum Mevlana di kota Konya yang terkenal dengan tarian Sufi

Goinfokita.com – Saya dan keluarga akhirnya tiba di sebuah kota di wilayah Turki bagian asia yang terkenal akan wisata religi nya. Terletak di wilayah Anatolia Tengah. Ya, inilah kota Konya. Kota yang mempunyai banyak peninggalan islam.

Banyaknya sejarah islam yang ada di kota Konya ini membuat penduduknya dikenal lebih religious (alim) di bandingkan penduduk di kota – kota lain.

Kami tiba pukul 1 siang. Tentu saja matahari sedang terik – teriknya. Namun hal tersebut tidak mengurungkan niat kami untuk mengunjungi suatu tempat yang memiliki banyak sejarah islam di dalamnya.

Saya dan keluarga berniat untuk mengunjungi salah satu museum yang cukup terkenal  di kota Konya, museum Mevlana.

Museum Mevlana di kota Konya yang terkenal dengan tarian Sufi 1

Museum Mevlana merupakan salah satu tempat wisata religi yang paling digemari oleh para wisatawan. Museum ini dikenal dengan tarian sufi atau Whirling Dervishes. Berasal dari seseorang yang berna`ma Maulana Jalalaludin Rumi yang di undang ke kota ini. Ia juga dikenal dengan nama Mevlana. Maulana Jalalaludin Rumi menganut aliran sufi. Dan ialah yang menyebar luaskan aliran ini dan membuat kota ini sangat terkenal.

Di museum Mevlana terdapat makam Sufi, sastrawan besar Persia, Rumi, dan Sultan Walad. Sultan Walad adalah anak sulung dari Rumi.  Bahkan kota ini di datangi oleh 1 Juta para peziarah muslim setiap tahunnya.

Banyak hal yang dapat di lihat di museum ini. Ada ruangan asrama, kelas yang digunakan untuk belajar, dan juga dapur bekas peninggalan murid didikan Maulana Jalalaludin Rumi.  Selain itu, ada barang – barang yang masih tersisa di antaranya Al – Qur’an cektakan Usmani, alat musik, pakaian, dan juga kitab – kitab lainnya.

Jika ingin datang ke tempat ini dan ingin mengetahui sejarahnya dengan baik, museum ini menyediakan panduan audio (headphone). Panduan audio tersebut seharga 10 lira.

BACA JUGA : Desa otentik Yunani yang masih tersisa bernama Sille di Turki

BACA JUGA : Tuz Gölü atau danau garam di daerah gersang Ankara Turki

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shares
error: Content is protected !!