Pengalaman tinggal di daerah pedesaan provinsi Konya di Turki pt 2

Pengalaman tinggal di daerah pedesaan provinsi Konya di Turki pt 2

Goinfokita.com – Winter merupakan musim yang saya tunggu – tunggu ketika berada di Turki. Apalagi saya tinggal di negara yang tidak memiliki salju. Merasakan winter di pedesaan Kozanli memberikan saya pengalaman yang sedikit berbeda.

Suhu pada musim panas biasanya sekitar 32°C. Tapi pada malam hari bisa turun menjadi 18°C. Sedangkan pada musim dingin tiba, di desa ini dapat mencapai -5°C.

Ada beberapa penduduk disana yang belum memakai heater modern. Mereka masih menggunakan tungku penghangat ruangan (tradisional).

Mereka harus membeli kayu untuk dijadikan kayu bakar di dalam tungku tersebut. Dan sayangnya, untuk membeli kayu bakar saja, mereka harus pergi ke kota Kulu.

Pengalaman tinggal di daerah pedesaan provinsi Konya di Turki pt 2

Jadi, sebelum musim dingin tiba, mereka sudah harus menyimpan beberapa kayu untuk di gunakan pada saat musim dingin. Itu tidak lah mudah bagi sebagian orang. Apalagi mayoritas penduduk di pedesaan ini merupakan orang – orang yang sudah berusia lanjut.

Selain itu di desa kozanli ini, tidak ada rumah sakit. Pentingnya rumah sakit di lingkungan yang mayoritas lansia ini sangat terasa. Pada saat saya di desa ini, salah satu lansia yang sudah berumur 90 tahun merasa pusing dan tidak enak badan.

Pengalaman tinggal di daerah pedesaan provinsi Konya di Turki pt 2 6

Beruntungnya kami sedang berada di sana. Kami dengan sigap segera membawanya ke rumah sakit. Sedangkan, rumah sakit terdekat ada di kota Kulu yang jaraknya 24 km dari desa kozanli. Menghabiskan waktu sekitar 30 menit.

Alhamdulillah, setelah sampai di RS, lansia tersebut segera di tangani oleh dokter sehingga ia dapat kita bawa kembali ke rumah.

Namun walapun desa ini sepi, tinggal di desa ini cukup memberikan kesan yang bagus dalam hidup saya. Saya dan keluarga cukup senang selama stay di tempat ini. Udaranya fresh dan pemandangan perbukitannya yang cukup indah membuat saya rindu dengan tempat ini.

Dan juga para penduduk yang amat sangat ramah, walaupun saya merupakan orang asing bagi mereka, tapi mereka tetap menyambut saya dan keluarga dengan sangat baik. Mereka tetap mencoba untuk ngobrol bahkan bercanda dengan saya dan keluarga meskipun kami tidak mengerti bahasa Turki. 😀

BACA JUGA : Pengalaman tinggal di daerah pedesaan provinsi Konya di Turki pt 1

BACA JUGA : Merayakan hari raya idul fitri bersama keluarga di Turki 

 

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shares
error: Content is protected !!