Pengalaman tinggal di daerah pedesaan provinsi Konya di Turki pt 1

pedesaan provinsi Konya – Saya dan keluarga menyempatkan diri untuk mampir dan stay di pedesaan provinsi Konya selama beberapa hari. Desa ini bernama Kozanli, berdekatan dengan kota Kulu.

Jaraknya sekitar 162 km dari kota Konya. Tapi perjalanan ke sana hanya menghabiskan waktu 2 jam saja. Sepanjang mata memandang dalam perjalanan kami sekeluarga menuju pedesaan ini, saya hanya melihat perbukitan gandum.

Selain itu, kami juga melihat  sapi kambing atau domba di hamparan padang rumput yang luas. Tak heran, karna mata pencarian mereka rata – rata dari bertani dan berternak. Mayoritas dari mereka memiliki ladang sendiri untuk di panen dan di distribusikan ke tempat penampungan di desa ini.

Kehidupan di tempat ini tenang dan tentram. Namun orang – orang yang berusia muda, lebih memilih tinggal di kota besar. Oleh karna itu, desa ini di dominasikan oleh penduduk yang berusia lanjut.

Desa ini cukup sepi. Dapat kami saksikan, ada beberapa rumah yang terlihat kosong. Mereka adalah orang – orang yang telah pindah ke kota yang lebih besar atau bahkan luar negeri. Tetapi saat liburan tiba, mereka akan pulkam balik ke desa ini  dan tinggal di rumah tersebut sampai liburan usai.

Pengalaman tinggal di daerah pedesaan provinsi Konya di Turki 9

Rumah – rumah di desa kozanli ini juga memiliki halaman yang luas loh. Tanaman disini kecil namun sudah berbuah lebat. Kami sering mengambil sayuran langsung dari pekarangan rumah untuk dimasak.

Rata – rata mereka bercocok tanam di halaman rumah mereka. Seperti di tempat yang saya tinggali selama saya di desa ini, mereka menanam bermacam – macam tanaman buah dan sayuran.

Pengalaman tinggal di daerah pedesaan provinsi Konya di Turki 6

Terdapat pohon apricot, walnut, anggur, terong, cabe hijau besar, daun bawang, dan masih banyak lagi. Ketika saya disini, ada beberapa pohon yang sedang berbuah.

Apricot salah satunya. Saya mencoba apricot langsung dari pohonnya. Dan juga saya dan keluarga di ajak untuk mengolah buah apricot menjadi manisan apricot. Manisan tersebut nantinya di makan dengan roti sebagai toppingnya.

 

BACA JUGA : Pengalaman tinggal di daerah pedesaan provinsi Konya di Turki pt 2

BACA JUGA : Makan doner kebab di Istanbul untuk pertama kalinya

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shares
error: Content is protected !!